Hari/Tanggal : Kamis/07 Januari 2021
Assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 & 4 ya nak, sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA. Jika sudah siap untuk belajar, kalian bisa simak materi di bawah ini ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu.
kemarin kita belajar tentang bangun ruang dan ada 4 soal yang kita kerjakan. salah satu ciri - ciri balok memiliki 12 rusuk dan ciri - ciri kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang, dan volume kubus rumusnya s x s x s jadi jawabanya 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm3 untuk volume baloknya rumusnya p x l x t jadi jawabannya 10 cm x 5 cm x 4 cm = 200 cm3 .
Nah hari ini kita akan mempelajari tentang Konvensi Hak-Hak Anak, Hak-Hak Seorang Siswa, Kewajiban Warga Negara dan Siswa, Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi, Manusia dengan Lingkungan Alam, Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam.
Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
PPKn (KD 3. 2 dan 4. 2)
Konvensi Hak-Hak Anak
Setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang layak.
Konvensi Hak-hak Anak (Convention OnThe Rights of The Child) disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.
Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
2. Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
Hak-Hak Seorang Siswa
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1. Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
3. Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4. Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5. Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
6. Memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7. Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
8. Mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
Contoh Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3 dan 4. 3)
Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi
Langkah-langkah membuat kesimpulan pada teks eksplanasi
1. Membaca teks yg akan diringkas secara keseluruhan.
2. Temukan pikiran utama dalam setiap paragraf.
3. Catat pokok pikiran tersebut.
4. Susun kembali pikiran utama menjadi sebuah kesimpulan.
IPS (KD 3. 2 dan 4. 2)
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
Manusia dengan Lingkungan Alam
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
1. Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.
2. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam
1. Lingkungan alam di sekitarnya menjadi rusak
2. Menyebabkan bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
3. Keseimbangan ekosistem terganggu.
Bagaimana dengan materi hari ini semoga kalian bisa memahaminya ya nak. untuk tugas hari ini akan bu Guru kirimkan melalui Voicenote di grup kelas kita ya kalian bisa pelajari terlebih dahulu materi yang ada di blog Bu Guru dan jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini.
Terimakasih Sholeh/Sholeha VE, selalu semangat beribadah & belajar serta jaga kesehatan ya Nak 😊
20 komentar:
maritza audrey dewi nugroho putri
VE terimakasih bu infonya
Alif Hamizan AP
No absen 3
Hadir Bu
Terima kasih
Qanita
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Arai
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Zhafira Zalfa qotrunnada
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Nazwa
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Khanza aurelia sekar putri
Sudh mempelajari materi hr ini
Assalamu'alaikum bu
Fadhil Degantara 5E
Sudah mempelajari materi hari ini
Nama: Anggun Khairunnisa
Sudah mempelajari materi tema hari ini
Mazaya Qirani L.
Sudah mempelajari materi hari ini
Adinda sakhi Salamah
Sudah mempunyai materi hari ini
Yusuf Musharaf Khan
Sudah membaca materi hari ini ya bu
Aulia Qurota A'yun
Sudah membaca materi hari ya bu
Aulia Qurota A'yun
Sudah membaca materi hari ya bu
Nama kanza Ayu gazala
Kelas 5
Terima kasih Bu Risa atas materinya
Nama : Azriel alfarisky.s
Kelas: V.e
Terimakasih bu 🙏
Asyka alifa
Sudah membaca materi hari ini ya bu
Melvin rizky
5e
Sudah mempelajari materi hari ini
Siti Safa Zahira
Hadir Bu🙏
Adis Fernando NR
5E
Hadir
Posting Komentar