http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

28/01/21

Tematik 28 Januari 2021

Hari/Tanggal : Kamis/28 Januari 2021

Bismillahirohmanirrohim, assalamualaikum Sholeh & Sholeha V E, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, hari ini kita akan mempelajari Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 & 4 ya nak. Sebelum kalian mempelajari materinya, Bu guru ingin memastikan kalian semua sudah mendengarkan tausiyah kemudian merangkumnya, melakukan muroja'ah dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA.

Tema 7         : Peristiwa Dalam Kehidupan

Sub Tema 1 : Peristiwa kebangsaan masa penjajahan

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5),  IPS (KD 3.4, 4.4), PPKn (KD 3.3, 4.3)

Tujuan Pembelajaran:

1.      Siswa dapat menjelaskan sistem tanam paksa pemerintahan kolonial Belanda secara benar.

2.      Siswa dapat menjelaskan berbagai perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda di berbagai daerah secara benar.

3.      Siswa dapat mengenali identitas dan keragaman suku bangsa dengan penuh percaya diri.

      Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang Masa penjajahan bangsa Eropa di Indonesia, mencermati informasi dalam teks narasi sejarah, sifat-sifat benda padat, cair dan gas, tangga nada diatonis mayor dan minor. hari ini kita akan membahas mengenai membuat pertanyaan teks narasi, sistem tanam paksa danperlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda serta mengenali identitas dan keragaman suku bangsa dengan penuh percaya diri

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5)

Menggali informasi Teks Narasi Sejarah secara lisan

Untuk menggali  informasi dari teks lisan, kamu perlu mendengarkan teks yang dibacakan dengan saksama. Setelah itu, catatlah informasi penting teks, sseperti nama peristiwa, tokoh, tempat, dan penyebab terjadinya peristiwa. Dengan mencatatnya, kamu dapat membaca kembali dan mengingat semua informasi penting yang telah kamu dengar. Kamu juga dapat menjawab pertanyaan yang disajikan sesuai dengan isi teks yang telah kamu dengar.

Membuat Pertanyaan Teks Narasi

Selain dengan menjawab pertanyaan dan mengelompokkan informasi, kamu juga dapat menggali informasi teks narasi sejarah dengan membuat pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks tersebut. Pertanyaan teks yang baik dibuat menggunakan kata Tanya.

Muatan IPS (KD 3.4, 4.4)

Bangsa Indonesia mengalami penderitaan akibat penjajahan mulai awal abad ke-17 sampai abad ke-20. Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia telah berusaha sekuat tenaga untuk mengusir penjajah dan bercita-cita menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari penjajahan. Berbagai bentuk perlawanan terhadap penjajah yang dilakukan oleh para raja, bangsawan, tokoh masyarakat,
dan tokoh agama dilakukan dengan cara mengangkat senjata. Namun, pada umumnya, bentuk perlawanan semacam itu mengalami kegagalan. Adapun faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah adalah sebagai berikut.
a. Perjuangan bersifat kedaerahan.
b. Perlawanan tidak dilakukan secara serentak.
c. Masih bergantung pada pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan terhenti).
d. Kalah dalam persenjataan.
e. Belanda menerapkan politik adu domba (devide et impera).
Berdasarkan pengalaman tersebut, kaum terpelajar ingin berjuang dengan cara yang lebih odern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi. Lahirnya organisasi-organisasi tersebut menandai lahirnya masa pergerakan nasional.

Muatan PPKn (KD 3.3, 4.3)

Keragaman Sosial Budaya di Indonesia
Budaya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia. Adapun wujud budaya, yaitu:
• gagasan atau ide, misalnya kepercayaan;
• tindakan, misalnya upacara adat dan seni pertunjukan; serta
• benda, misalnya pakaian adat dan senjata tradisional.
Selain sebagai identitas, kebudayaan juga sebagai kepribadian suatu bangsa. Negara kita mengembangkan kebudayaan daerah dalam rangka memperkaya kebudayan nasional. Hubungan antara keduanya sangat erat karena kebudayaan nasional bersumber dari kebudayaan daerah.
Kebudayaan nasional lahir sebagai hasil usaha akal budi atau pikiran seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam ras dan suku.

Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia
Indonesia merupakan negara kesatuan yang masyarakatnya majemuk. Bangsa Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa yang menyebar dari Sabang (ujung Sumatra Utara) sampai Merauke (ujung Papua).
Faktor Keturunan
a. Ras di Indonesia

Berdasarkan ciri-ciri fisiknya, masyarakat Indonesia dapat dibedakan menjadi 4 (empat) kelompok ras sebagai berikut:

1) Kelompok ras Papua Melanezoid, terdapat di Papua, Pulau Aru, Pulau Kai.
2) Kelompok ras Negroid, antara lain orang Semang di Semenanjung Malaka, orang Mikopsi di Kepulauan Andaman.

3) Kelompok ras Weddoid, antara lain orang Sakai di Siak Riau, orang Kubu di Sumatra Selatan dan Jambi, orang Tomuna di Pulau Muna, orang Enggano di Pulau Enggano, dan orang Mentawai di Kepulauan Mentawai.
4) Kelompok ras Melayu Mongoloid, yang dibedakan menjadi 2 (dua) golongan.
a) Ras Proto Melayu (Melayu Tua) antara lain Suku Batak, Suku Toraja, Suku Dayak.
b) Di samping kelompok ras di atas, masyarakat Indonesia juga terdiri atas kelompok warga keturunan China (ras Mongoloid), warga keturunan Arab, Pakistan, India, ras Kaukasoid, dan
sebagainya yang hidup berdampingan membaur menjadi warga negara Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak mengenal superioritas suatu ras dan tidak menganut paham rasialisme.

b. Suku di Indonesia
Masyarakat Indonesia yang majemuk terdiri atas beberapa suku bangsa (etnis). Tiap-tiap suku bangsa memiliki bahasa dan adat istiadat serta budaya yang berbeda. Di suatu daerah, mungkin terdapat beberapa suku. Sebagai contoh di Sumatra terdapat suku Aceh, suku Melayu, dan suku Batak. Di Pulau Jawa terdapat suku Betawi, suku Sunda, suku Osing, dan suku Jawa. Bagaimana dengan daerahmu? Suku apa sajakah yang ada?

Perbedaan Kondisi Geografis
Perbedaan kondisi geografis turut berdampak pada munculnya berbagai ragam mata pencaharian. Contohnya perikanan, pertanian, kehutanan, dan perdagangan. Pada setiap bidang tersebut, mereka akan mengembangkan corak kebudayaan yang khas dan cocok dengan kondisi geografis lingkungan tempat tinggalnya.

Pengaruh Kebudayaan Luar
Bangsa Indonesia adalah contoh bangsa yang terbuka. Keterbukaan ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh asing dalam membentuk keberagaman masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Perbedaan antara satu suku dan suku lainnya hanya terletak pada bahasa dan adat istidatnya serta sistem kekerabatan.
1. Adat Istiadat
Setiap suku bangsa pasti memiliki adat istiadat tertentu, meliputi upacara adat dan kebiasaan-kebiasaan lain. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sudah dijalankan secara turun-temurun dalam suatu suku. Contohnya upacara pembakaran mayat (ngaben) di Bali. Perbedaan adat istiadat menunjukkan perbedaan kebudayaan yang tampak dari pola perilaku atau gaya hidup. Pola perilaku orang Batak yang suka bicara terus terang sehingga terkesan tegas dan keras sangat berbeda dengan pola perilaku orang Jawa Tengah (khususnya Solo dan Yogya) yang suka berbicara hati-hati penuh dengan sindiran secara halus.
2. Bahasa Daerah
Tiap suku bangsa biasanya memiliki bahasa daerah tertentu. Sebagai contoh suku Jawa memakai bahasa Jawa dalam melakukan percakapan sehari-hari. Suku-suku bangsa lainnya pun enggunakan bahasa daerahnya masing-masing.
3. Sistem Kekerabatan
Sistem kekerabatan merupakan sistem keturunan yang dianut oleh suku bangsa tertentu berdasarkan garis ayah, garis ibu, atau kedua-duanya.

Bagaimana penjelasan materi hari ini paham ya anak - anak jika kalian sudah mempelajari materi maka tugas kalian adalah sebagai berikut :

Latihan

Carilah sumber bacaan seperti buku, koran, majalah atau internet yang menjelaskan biografi dr. Sutomo.
ceritakan secara singkat tentang riwayat hidup (biografi) dan perjuangan dr. Sutomo dalam menghadapi penjajah kirimkan tugas cerita tersebut  melalui voicenote di WA Grup kelas kita.

Jangan lupa kerjakan dan kirimkan tugasnya tepat waktu ya nak, Bu guru tunggu sebelum jam 12, serta jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini jika kalian sudah mempelajari materi dan ada yang ingin ditanyakan.

Terimakasih sholeh/sholeha V E, jangan lupa shalat 5 waktunya selalu dikerjakan, tetap jaga kesehatan dan selalu semangat meskipun belajarnya dari rumah ๐Ÿ˜‰

Wassalamualaikum, wr, wb.

Dokumentasi kegiatan daring Rabu/28 Januari 2021 :

Penyampaian ringkasan materi hari ini oleh Ananda Aydin :







14 komentar:

Unknown mengatakan...

Nama kanza ayu gazala
Kelas 5E
Terima kasih Bu Risa atas materinya

Fika mengatakan...

Fadhil Degantara
Kelas 5E
Terimakasih materinya bu risa

Unknown mengatakan...

Khanza aurelia sekar putri
Terimakasih materi nya bu

Alif mengatakan...

Alif Hamizan AP.
Terima kasih materinya bu

Aulia Qurota A'yun mengatakan...

Aulia qurota a'yun
5e terima kasih bu materinya

Unknown mengatakan...

Cr.All Rizky Dehan
Kelas 5E
Terimakasih materinya bu risa

Hestikawati mengatakan...

Melvin Relsgi Arafy
Kelas 5E
Terima kasih bu atas materinya

Fachri bintang arabi mengatakan...

Fachri bintang arabi
Kls 5E
Hadir

Anggun Khairunnisa mengatakan...

Anggun Khairunnisa
Kls 5E
Hadir
Terimakasih materinya Bu

nazwa aulia putri mengatakan...

Nazwa Aulia Putri
Kls:5E
Terimakasih Bu materi nya


nazwa aulia putri mengatakan...

Nazwa Aulia Putri
Kls:5E
Terimakasih Bu materi nya


Unknown mengatakan...

M.Ridho aldita
Absen : 17
Ket : Hadir
Terima kasih Bu Risa materi yg ibu berikan hari ini๐Ÿ™

Zhafira Zalfa Q mengatakan...

Nama:zhafira zalfa qotrunnada
Kelas:5E
Ket : Hadir
Terima kasih Bu Risa materi yg ibu berikan hari ini๐Ÿ™

Unknown mengatakan...

Nama:M.Ridho Aldita
Kelas:5E
Ket:Hadir
Terima Kasih Bu Risa

Posting Komentar