http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

18/02/25

P. Pancasila & matematika

 Hari/Tanggal: Rabu, 19 Februari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd  


      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengenal bilangan 11 ampai 20 dan nilai tempat

  2. Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bilangan 11 sampai 20
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal denah. Peserta didik mampu membaca drnah sederhana. Peserta didik mampu mengenal dan memahami arah mata angin

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang denah dan arah mata angin serta cara membaca sebuah jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Arah Mata Angin

  • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
    • Utara (U)
    • Timur (T)
    • Selatan (S)
    • Barat (B)
    • Timur Laut (TL)
    • Tenggara (TG)
    • Barat Daya (BD)
    • Barat Laut (BL)
  • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
  • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.      

Latihan



📌 Materi Matematika


Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda 

Merapikan Mainan 
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng. 

Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan


📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu menentukan nilai tempat dan melengkapi bilangan 11 sampi 20, serta sudah mampu mengenal denah.

Dokumentasi hari ini.




0 komentar:

Posting Komentar