http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

17/02/25

Matematika & Seni Rupa

            

Hari/Tanggal: Selasa, 18 Februari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd    


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengenal waktu
  2. Mengenal bentuk buatan manusia

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang waktu dan bentuk dari kota bangunan. Nah, pada hari ini kita akan mempelajari tentang nilai tempat dan bentuk natural.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^

📌 Materi Matematika

Bilangan 1-20
Menghitung banyak benda 

Merapikan Mainan 
Halim dan Malosi selesai bermain kelereng. Mereka merapikan kelereng. Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, .... Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples. Halim selalu ingat pesan Ibu. Selesai bermain, rapikan mainanmu.
Ayo kita bantu Halim menghitung kelereng.

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng. 

Satuan adalah nilai angka yang memiliki 1 angka saja. Puluhan adalah nilai angka yang berkelipatan 10. Ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Jadi, jika ada angka 19, maka 1 adalah puluhan dan 9 adalah satuan. Contoh lain pada angka 31, berari 3 adalah puluhan dan angka 1 adalah satuan. 

📌Materi Seni Rupa

Apakah kamu bisa menggambar wajah?
Bagaimana cara menggambar bentuk wajah yang beragam? Ketika menggambar bentuk wajah selain bentuk wajah kamu harus tau rambutnya.
Setiap orang memiliki bentuk rambut yang berbeda. Ada yang rambut lurus, ikal, dan keriting dan ada yang panjang pendek. 
Ekspresi juga sangat penting dalam menggambar wajah. Ada ekspresi senyum, tertawa, sedih, marah, terkejut, gembira. Ekspresi ditunjukkan oleh bentuk mata, alis, dan bibir. 

Selain bentuk wajah, kita juga mengenal bentuk dari hewan. 
Perhatikan gambar berikut.
Apa nama hewan tersebut? 
Iyaa ada burung elang, kelinci dan zebra. 
Apa perbedaan mereka? 
Hewan hewan tersebut berbeda cirinya. Bentuk tubuh, warna dan jumlah kaki yang berbeda beda.


📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengenal nilai tempat puluhan dan nilai tempat satuan, serta peserta didik juga sudah mampu mengenal bentuk bentuk natural.

Dokumentasi hari ini.






0 komentar:

Posting Komentar