http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

05/02/25

P5

Hari/Tanggal: Kamis, 06 Februari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   


      ðŸ“Œ  TUJUAN 

Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
  2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
  3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

📌  ALUR

1.    Tahap pengenalan

Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

2.      Tahap Kontekstual

Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Aksi

Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

     Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

 

📌   TARGET

Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

📌 Metode Pembelajaran:

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
  •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 5

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan    : Kamis, 06 Februari 2025

Waktu                                         : 1 x pertemuan

Materi                                         : Mempelajari lagu seminung dan cangget agung, dan berlatih drama

 

AKTIVITAS 1

(Kelompok lagu daerah Lampung)

 

Alat dan bahan: video lirik lagu cangget agung dan seminung

Tujuan: Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya dan kearifan lokal Lampung


Pelaksanaan:

1.      Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung

2.  Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama

3.  Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait kegiatan p5 khususnya terkait lagu daerah

5.   Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung bersama

6.      Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik


Refleksi oleh pendidik

Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, peristiwa apa yang terjadi?
  2. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  3. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


AKTIVITAS 2

(Kelompok drama dan properti)

Pelaksanaan :

1.      Peserta didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu Asal Usul Provinsi Lampung



2.      Pendidik meminta beberapa peserta didik untuk berlatih dialog dan ekspresi mengikuti tokoh di cerita asal usul Lampung

3.      Setelah berlatih drama, pendidik menentukan peran yang akan dibawakan oleh peserta didik

 4.    Peserta didik berlatih drama sesuai dengan perannya

naskah drama:




5.      Pendidik melakukan evaluasi terkait hasil latihan dan memberikan masukan untuk latihan di pertemuan selanjutnya.

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

 

No.

Nama

Peserta didik sepenuhnya memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

Peserta didik ssudah mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung.

Peserta didik cukup mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

 

Peserta didik belum sepenuhnya mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung

SB

B

C

PB

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 

  ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mamlu untuk membuat sketsa dari properti yang akan dibuat namun ketika menggunting kardus peserta didik masih kesulitan dan memerlukan bantuan dari guru.

Dokumentasi: 







0 komentar:

Posting Komentar