http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

21/01/25

P. Pancasila & Matematika

 Hari/Tanggal: Rabu, 22 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd   


      ðŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengenal waktu

  2. Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  bentuk benda di sekitar kita serta mengenal bentuk alamiNah, untuk hari ini kita akan belajar tentang apa itu kerjasama dan bentuk hidup rukun serta mengenal dan memahami jam. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila
Mari kita simak bersama video berikut ini!^^



 Kerja Sama itu Apa, sih?

Kerja sama itu seperti ketika kita bermain lego bersama teman. Kita saling membantu menyusun lego menjadi bentuk yang bagus. Atau seperti saat kita membersihkan kelas, kita bersama-sama menyapu dan mengepel.

Kerja sama adalah ketika kita bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sama. Jadi, kalau kita bekerja sama, kita akan saling membantu dan bekerja sebagai tim.

Contoh Kerja Sama:

  • Di Sekolah:
    • Membantu teman yang kesulitan mengerjakan tugas.
    • Bersama-sama membersihkan kelas.
    • Bermain bersama di waktu istirahat.
  • Di Rumah:
    • Membantu ibu memasak.
    • Membersihkan kamar bersama-sama.
    • Bermain dengan adik atau kakak.
  • Di Lingkungan:
    • Bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.
    • Membantu tetangga yang membutuhkan.

Mengapa Kerja Sama Itu Penting?

  • Lebih Cepat Selesai: Kalau kita kerja sama, pekerjaan jadi lebih cepat selesai.
  • Lebih Seru: Bekerja sama itu seru! Kita bisa bermain dan belajar bersama teman.
  • Saling Membantu: Ketika ada teman yang kesulitan, kita bisa saling membantu.
  • Rukun: Kerja sama membuat kita hidup rukun dan damai.

Ayo berlatih:

Buatlah cerita sederhana berdasarkan gambar di bawah ini.



      


📌 Materi Matematika


📌 Materi Matematika


Apa itu Jam?

Jam adalah alat yang digunakan untuk mengetahui waktu. Jam membantu kita tahu kapan harus pergi ke sekolah, kapan waktu makan, atau kapan waktu tidur.

Bagian-bagian Jam

  1.      Jarum pendek: Menunjukkan jam
  2.      Jarum panjang: Menunjukkan menit.

Cara Membaca Jam:

  1.       Lihat jarum pendek: Jarum pendek menunjuk angka berapa? Itulah jamnya.
  2.       Ingat: Kalau jarum panjang menunjuk angka 12, berarti tepat jam.

Contoh:

  1.       Jika jarum pendek menunjuk angka 3 dan jarum panjang menunjuk angka 12, maka waktu menunjukkan pukul 3.
  2.       Jika jarum pendek di antara angka 2 dan 3, dan jarum panjang menunjuk angka 6, berarti sudah lewat sedikit dari jam 2.


📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu menentukan menuliskan jam dengan benar, hanya saja dalam berlatihb masih terdapat beberapa peserta didik yang masih memerlukan bantuan untuk memahami soal. tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memebrikan arahan secara individu terhadap peserta didik yang bersangkutan,

Dokumentasi hari ini









0 komentar:

Posting Komentar