http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

08/01/25

P5 (1)

                     

Hari/Tanggal: Kamis, 09 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd    

 

      📌 Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Mengenal Sastra Lampung di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada sastra Lampung. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengembangkan pemahaman rasa cinta peserta didik terhadap kebudayaan lokal dan meningkatkan sikap kolaborasi dan kerjasama peserta didik dalam sebuah kelompok.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat ta:
  1.    Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati contoh sastra dan kearifan lokal Lampung, seperti lagu daerah Lampung, dan Drama Bahasa Lampung.
  2. Pada tahap kontekstual, peserta didik mengidentifikasi lagu Daerah lampung, dan mengenal Drama kolosal yang berasal dari lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik melatih komunikasi dengan kegiatan   menyanyikan salah satu lagu daerah lampung serta bermain peran dalam Drama yang sudah ditentukan bersama.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, orang tua, dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.   

📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah  Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 1

 

Jenis Kegiatan                      : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan    :  Kamis, 08 Januari 2025

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                     : Mengenal Lagu daerah Lampung dan Drama asal usul Lampung

Peran Pendidik                     : Fasilitator dan Narasumber

 

Persiapan:

1.   menyiapkan video lagu "Semingung" dan "Cangget Agung"

2. Menyiapkan video asal usul Lampung


 

Pelaksanaan

  1. Pendidik mereview kembali materi yang sudah dipelajari pada kegiatan P5 di semester 1
  2. Pendidik menjelaskan Apa itu pengertian dari kearifan lokal
  3. Pendidik mengajak peserta didik untuk mengenal kearifan Lokal Lampung, salah satunya yaitu lagu daerah 
  4. Peserta didik memperhatikan video yang menampilkan lagu "seminung" dan "cangget agung"





  5. Peserta didik dan pendidik bersama-sama menyanuikan lagu seminung dan cangget agung
  6. Pendidik memberikan latihan untuk menguji pemahaman peserta didik terhadap materi kearifan lokal: lagu daerah
  7. Pendidik menjelaskan pengertian dari drama dan mengajak peserta didik untuk memeprhatikan video asal usul Lampung


  8. Pendidik melakukan diskusi dan tanya jawab bersama peserta didik terkait isi video
  9. Pendidik mengelompokkan peserta didik menjadi 3 kelompok (Lagu daerah, Drama dan Properti)
  10. Peserta didik melakukan latihan berdasarkan kelompoknya masing-masing

 

 


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 1

Mengenal kearifan lokal Lampung


Latihan 1

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar:

  1. Kearifan lokal adalah...
  2. Sebutkan contoh kearifan lokal provinsi Lampung?
  3. Sebutkan cara melestarikan kearifan lokal?
  4. Siapakah pencipta lagu seminung?
  5. Siapakah pencipta lagu cangget Agung?


Latihan 2

Jawablah pertanyaan berikut:

  1. Drama adalah...
  2. Sikap apa saja yang dapat dilatih melalui kegiatan bermain peran dalam drama?
  3. Tuliskan secara singkat isi dari video asal usul provinsi Lampung dengan bahasamu sendiri!


  ðŸ“ŒRefleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini, dapat kita simoulkan bahwa peserta didik sudah memahami apa itu kearifan lokal, dan mampu menyebutkan contoh-contoh kearifan lokal Lampung, Serta peserta didik juga sudah mengenal lagu daerah Lampung yaitu lagu seminung dan lagu cangget agung dan mengetahui asal usul provinsi lampung.


Dokumentasi hari ini:






0 komentar:

Posting Komentar