http://i48.tinypic.com/eamrur.jpg Source: https://www.linksukses.com/2013/01/menampilkan-kursor-animasi-pada-blog.html

13/01/25

Matematika & Seni Rupa

Hari/Tanggal: Selasa, 14 Januari 2025

Sholeh Sholeha VE

KELAS I.A

GURU KELAS : RISA MELINDA SYAHRIE, S. Pd dan DIAH AYU Eka RUSMITA, S. Pd         

 

πŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengenal bentuk benda disekitar
  2. Mengenal bentuk buatan manusia

    πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk benda dan menyebutkan karakteristik dari benda tersebut
  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

    πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah menceritakan pengalaman liburan dan merefleksikan pembelajaran semester 2. Hari ini ananda sholeh sholehah akan belajar mengenai pembelajaran benda-benda di sekitar kita. 

Adakah yang masih ingat tentang macam bangun datar? Yaps Good job, salah satu adalah persegi panjang. Nah, pada hari ini kita akan melanjutkan kembali belajar matematika yaitu tentang bentuk benda-benda di sekitar kita dan bentuk dari kota bangunan.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^

πŸ“Œ Materi Matematika

Baiklah ananda sholeh sholehah setelah kalian mengetahui bentuk bentuk bangun datar dan cirinya. Silahkan ananda sholeh sholehah menyusun bentuk bangun datar menggunakan kertas origami.




πŸ“ŒMateri Seni Rupa

Coba perhatikan rumahmu. 
Rumahmu termasuk contoh bangunan. Pada bangunan ada dinding, atap, pintu, dan jendela. Selain rumah ada bangunan sekolah, kantor, masjid, hotel dan bangunan lainnya. 
Tiap bangunan memiliki bentuk yang berbeda. Orang yang merancang bentuk bangunan disebut arsitek. Sedangkan ilmu merancang dan membuat bangunan disebut arsitekstur.

Bentuk pada bangunan ada bermacam macam. Ada lingkaran, persegi, segitiga dan persegi panjang serta ada bentuk lainnya. 


Latihan Soal!



πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menguraikan dan menyusun bangun datar menjadi sebuah bentuk, hanya saja kendala yang dihadapi yaitu pada saat menggunting origami mengikuti bentuk bangun datar, beberapa peserta didik masih kesulitan dan memerlukan arahan dari guru.

Dokumentasi hari ini:








0 komentar:

Posting Komentar